Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/04/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html#ixzz1tpbrkPK8 Pura Parahyangan Agung Jagatkartya Di Bogor | Informasi Budaya Nusantara

Informasi Budaya Nusantara

gentle_soori_dt4 gentle_soori_dt4 gentle_soori_dt4 gentle_soori_dt4 gentle_soori_dt4

Pura Parahyangan Agung Jagatkartya Di Bogor


Mau berwisata religi menikmati indahnya panorama sekaligus menghirup udara segar pegunungan enggak perlu jauh-jauh ke Pulau Dewata. Cukup berkendara paling lama dua jam menuju Bogor, maka Anda akan tiba di sebuah komplek Pura yang diklaim sebagai salah satu Pura terbesar di luar Bali. Ya, tempat sembahyang umat Hindu bernama Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya ini memang berada di kecamatan Taman Sari, Ciapus, Bogor.
Kompleks Pura yang proses pembangunannya dimulai pada 1995dan baru diresmikan satu dekade kemudian memang terletak kaki Gunung Salak yang sangat asri. Keindahan pemandangan serta tenangnya suasana membuat orang betah berlama-lama di sana. Dan serunya, tidak hanya orang beragama Hindu saja yang boleh masuk ke dalam pelataran Pura. Namun pemeluk agama lainnya juga boleh menikmati panorama Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya.
Tapi jangan sembarangan. Selain harus menjaga kebersihan, ketertiban serta sopan santun lantaran berada dalam lokasi suci, pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan salempot alias selendang berwarna kuning. Makna dari kain ini adalah selain untuk menghormati kesucian pura, juga dianggap sebagai pengikat niat-niat buruk.
Pemilihan Kampung Warung Loak, Desa Taman Sari, Bogor sebagai tempat berdirinya Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya adalah sebagai penghormatan terhadap Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran agama Hindu di Tanah Sunda. Selain itu, lokasi ini juga dianggap sebagai petilasan Prabu Siliwangi sebelum akhirnya Ngahyang atau menghilang alias Moksa dari muka bumi.
Sama seperti kompleks Pura Hindu di Bali, terdapat beberapa bagian utama dari Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya ini. Mulai dari Jaba Pisan alias Nista Mandala yang berada di bagian terluar Pura, Jaba Tengah atau Madya Mandala yang merupakan tempat umat beraktivitas beserta beberapa fasilitas pendukungnya dan Jero alias Utamaning Mandala yang menjadi zona paling suci dari Pura. Di bagian ini terdapat Bale Pesamuan Agung, Padmasana, Bale Pepelik, Pengeluran Agung, Taksu Agung, Patirtaan dan Candi.
photo by: waitingroom-april.blogspot.com

0 komentar:

Bagikan Artikel Ini Ke :